Whatsapp

10 Fitur Baru di Windows 11 Yang Wajib Kamu Tahu

Setelah Windows 10 berkiprah selama 6 tahun, sejak 2015 sampai 2021, kini Microsoft merilis Windows 11 sebagai penerus dari Windows 10. Windows 11 resmi dirilis pada hari Selasa tanggal 5 Oktober 2021 dan dapat diunduh secara gratis untuk pengguna lisensi resmi Windows 10. Sehingga jika kamu termasuk pengguna lisensi resmi Windows 10, kamu bisa langsung mengupgrade nya menjadi Windows 11 secara gratis. Namun demikian, jika kamu tidak memiliki lisensi Windows 10 yang original, kamu bisa membeli langsung lisensi Windows 11 di https://kodelisensi.com/product/windows-11-professional dengan harga yang masih promo dan tentunya lebih murah. Dan banyak pembaruan di Windows 11, artikel ini membahas pembaruan fitur Windows 11.

Microsoft menyampaikan bahwa UI (User Interface) dan beberapa fitur baru di sistem operasi Windows 11 ini ditujukan untuk meningkatkan produktivitas era modern, yaitu berfokus pada proses kolaborasi yang dapat dilakukan di rumah. Windows 11 ini dibekali dengan tampilan yang lebih fresh dan beberapa fitur baru yang lebih menarik dibandingkan dengan versi sebelumnya. Mau tau fitur-fitur terbarunya? Simak yuk, berikut Fitur Windows 11:

1. Start Menu dan Widget Dengan UI Yang Fresh Mirip MacOS

Fitur Windows 11

Perubahan terbesar dari sisi UI (User Interface) dari Windows 11 adalah antarmuka yang bersi dan modern dengan nuansa warna pastel dengan sudut bulat. Start Menu Windows 11 muncul secara default di tengah layar, akan tetapi kamu bisa mengubah pengaturannya agar muncul di sebelah kiri layar. Tampilan start menu nya mirip dengan menu dari MacOS dengan warna silver dan muncul di tengah layar. Selain itu, start menu Windows 11 menggunakan sistem cloud khusus untuk membantu pengguna dengan menampilkan aplikasi atau dokumen yang sering digunakan.

 

2. Snap Layout Untuk Multitasking

Snap layout adalah sebuah set template untuk pembagian jendela aplikasi di layar. Di Windows 11, ketika mengarahkan kursor ke tombol minimize atau maximize dari sebuah jendela aplikasi, maka akan memberikan pilihan template snap layout dengan berbagai pembagian layar. Tersedia pembagian 2 atau 3 atau 4 area pada layar. Apakah pada Windows 10 tidak ada fitur ini? Fitur ini sudah ada sejak Windows 8, akan tetapi untuk menggunakan fitur ini, harus menggunakan shortcut keyboard dengan menekan tombol Windows + arah panah. Sedangkan di Windows 11, sudah terlihat template dalam bentuk GUI dan bisa dipilih oleh user menggunakan mouse.

 

3. Snap Group Yang Bisa Disimpan di Taskbar

Fitur snap group ini masih berhubungan dengan fitur snap layout. Jika kamu sudah mengatur pembagian jendela aplikasi di layar dengan snap layout, kamu bisa menyimpannya dan kemudian me-restore tata letak tersebut dengan fitur snap group. Misalkan kamu membuka 3 aplikasi: Chrome, Office Word, dan Office Excel yang sudah kamu bagi menjadi 3 layout pada layar. Kamu bisa me-minimize pembagian layout tersebut dengan mengarahkan kursor ke salah satu aplikasi tersebut melalui taskbar, kemudian klik kanan pada hover snap group tersebut, kemudian pilih minimize group. Untuk me-restore group pun bisa dilakukan dengan cara yang sama, yaitu mengarahkan ke salah satu aplikasi melalui taskbar kemudian klik kanan dan pilih restore group, sehingga pembagian layout tersebut bisa kamu gunakan kembali. Fitur ini memudahkan kamu untuk bekerja multitasking.

 

4. Focus Session Pada Clock Untuk Meningkatkan Mode Fokus Dalam Pekerjaan

Aplikasi Clock yang berisi fitur Timer, Alarm, Stopwatch, World clock, kini dilengkapi fitur Focus sessions. Fitur focus session ini memungkinkan pengguna tetap fokus pada pekerjaannya dengan pengaturan waktu yang telah ditentukan. Pengguna bisa membuat To Do List dengan login terlebih dahulu dengan akun Microsoft dan membuat daily routine task dan mengatur waktu untuk menyelesaikan semua pekerjaan tersebut dalam satu hari. Jika ingin menyelesaikan pekerjaan sambil mendengarkan Spotify juga bisa diatur pada kolom Spotify.

 

5. Auto HDR untuk Game Non-HDR

Ini fitur yang tentunya dinantikan oleh pecinta game desktop, yaitu Auto-HDR. Untuk game-game yang non-HDR, bisa menjadi HDR dengan fitur ini, sehingga bisa lebih memanjakan mata. Auto HDR ini merupakan teknologi yang secara otomatis meningkatkan visual konten game. WIndows 11 secara otomatis mendeteksi monitor yang mendukung HDR dan meningkatkan warna serta contrast visual yang dibuat di DirectX 11 atau lebih tinggi dengan peningkatan rentang dinamis. Fitur HDR otomatis ini sudah beberapa lama hadir di konsol Xbox, sehingga penerapan di Windows 11 ini bukanlah hal yang mengherankan bagi produk besutan Microsoft ini.

 

6. Menjalankan Aplikasi Android Tanpa Emulator

Ini salah satu fitur paling menarik di Windows 11, yaitu dapat menjalankan aplikasi-aplikasi Android langsung di Windows 11 tanpa emulator tambahan dari pihak ketiga. Perangkat Android di Windows 11 ini didukung menggunakan prosesor Intel, AMD, dan Qualcomm. Melalui fitur ini, kamu bisa mendownload dan menggunakan aplikasi yang tersedia di Play Store seperti TikTok, Instagram, dan lain-lain. Wah bisa main game dan jalanin aplikasi yang memang hanya tersedia di Android ya guys. Seru dong pastinya.

 

7. Mode Tablet Baru

Windows 11 kini menghadirkan mode baru untuk pengguna tablet. Begitu perangkat laptop diubah menjadi tablet mode, maka tampilan Windows 11 otomatis akan ikut berubah. Bentuk icon menjadi lebih besar dengan jarak yang lebih lebar agar lebih mudah disentuh. Proses resize atau memindahkan jendela aplikasi pun dibuat jadi lebih gampang dengan animasi baru yang lebih menarik. Windows 11 juga menambahkan gestur navigasi baru untuk perangkat layar sentuh seperti gestur sentuhan tiga jari ke arah samping untuk snap jendela dan ke arah bawah untuk minimize jendela aplikasi.

 

8. Aplikasi Microsoft Teams Yang Sudah Terintegrasi

Fitur ini tentunya sangat dinantikan oleh pengguna Microsoft, yaitu aplikasi Teams yang sudah terintegrasi. Microsoft Teams adalah aplikasi kolaborasi yang mengintegrasikan semua pengguna dan alat yang dibutuhkan tim untuk saling terhubung. Melalui aplikasi ini kamu bisa melakukan obrolan (chatting), membuat tim untuk mengumpulkan orang-orang di ruang khusus dengan percakapan dan file yang saling terintegrasi, mengatur kalendar untuk menjadwalkan kegiatan seperti rapat, dan lain-lain. Nah di Windows 11 ini aplikasi Teams secara otomatis telah terintegrasi dan berada di taskbar dengan tampilan yang telah diperbarui dengan lebih eye catching dan fresh. Aplikasi Teams ini dapat digunakan untuk melakukan panggilan ke orang lain yang sama-sama menggunakan Teams diperangkat apapun, termasuk Android dan iOS.

 

9. Tersedia Clipboard History Yang Baru

Clipboard history ini memang sudah ada di Windows 10, akan tetapi ada tambahan fitur Emoji, GIF, Kaomoji, Symbols dan masih banyak lagi lainnya. Untuk mengakses clipboard tersebut bisa dengan menekan tombol Windows + V. Fitur clipboard ini memudahkan kamu untuk meng-copy dan paste beberapa teks maupun gambar sekaligus karena history copy-an akan muncul di clipboard history ini.

 

10. Virtual Desktop Lebih Fleksibel

WIndows 11 menghadirkan Virtual Desktop yang secara default berada pada taskbar. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berganti desktop atau layar kerja baru untuk pekerjaan multitasking. Untuk meluncurkan fitur ini bisa dilakukan dengan menekan icon “Task View” di sisi kiri taskbar atau dengan pintasan keyboard Windows + Tab. Sedangkan untuk berpindah desktop bisa menggunakan pintasan tombol Ctrl + Windows + Arah kanan atau kiri. Kemudian apa yang baru dari fitur ini dibandingkan dengan sistem operasi sebelumnya? Pada WIndows 11 tersedia fitur untuk me-rename desktop dan mengganti background masing-masing desktop agar bisa lebih memudahkan mengingat area kerja tertentu. Misalnya di Desktop 1 ingin menyelesaikan urusan pekerjaan kantor, maka kamu bisa memberi nama “Desktop Kantor” dengan background gambar kantor misalnya. Terus Desktop 2 untuk urusan game maka diberi nama “Desktop Game” dengan background gambar game. Sehingga bisa memudahkan kamu memilih desktop untuk keperluan multitasking.

 

Itulah 10 fitur unggulan yang ada di Windows 11 yang bisa kamu nikmati. Bagi pengguna WIndows 10 original bisa langsung update ke Windows 11 secara gratis. Sedangkan bagi kamu yang belum memiliki lisensi resmi, bisa membeli lisensi original Windows 11 melalui link https://kodelisensi.com/product/windows-11-professional.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.