Whatsapp

Cara Aktivasi Windows 10 Dengan Mudah dan Cepat

Tutorial Cara Aktivasi Lisensi Windows 10 Secara Online

Microsoft memang menyediakan installer Windows 10 secara gratis dan bisa diinstall pada perangkat komputer kita sesuka hati tanpa dikenai biaya. Untuk versi Windows 10 Enterprise terdapat masa trial selama 90 hari. Sedangkan untuk versi Windows 10 Pro, Home, dan Education tidak ada batasan waktu masa trial, hanya saja, ada beberapa fitur yang tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, perlu dilakukan aktivasi terhadap Windows 10 menjadi full version agar bisa menikmati Windows 10 secara maksimal. Nah, di artikel ini akan membahas beberapa poin, diantaranya kekurangan Windows 10 yang belum diaktivasi, bagaimana cara aktivasi Windows 10 secara online dengan mudah dan cepat, serta cara memeriksa status Windows 10 apakah sudah teraktivasi atau belum. 

Kekurangan Windows 10 Yang Belum Diaktivasi

Setelah install Windows 10 di Laptop atau PC Desktop, maka Anda juga harus melakukan proses aktivasi agar menjadi full version dan bisa menikmati semua fitur secara maksimal di Windows 10. Kalau tidak diaktivasi kenapa? Ada beberapa kekurangan pada Windows 10 yang tidak diaktivasi, yaitu:

1. Terdapat Watermark Activate Windows

Kalau sistem operasi Windows tidak diaktivasi, maka akan muncul watermark atau keterangan yang sangat mengganggu di layar komputer Anda, yang berisi keterangan “Activate Windows, Go to settings to activate windows” yang selalu terlihat di pojok kanan bawah seperti pada gambar berikut.

Cara aktivasi windows 10

Tulisan tersebut tidak hanya muncul di halaman wallpaper desktop, melainkan setiap membuka aplikasi apapun, tulisan tersebut selalu terlihat. Tentu ini sangat mengganggu jika kita hendak presentasi atau ingin membuat video tutorial dengan screen recorder. Ya cukup memalukan sih kalau tulisan itu terlihat oleh audience kan…

 

2. Tidak Dapat Mengubah Personalization Atau Tampilan Windows

Kekurangan kedua jika Windows 10 belum diaktivasi adalah tidak dapat mengubah personalisasi atau tampilan Windows 10 yang tersedia di Settings. Dengan adanya pembatasan ini, user tidak dapat mengubah tema, mengganti wallpaper, mengubah background lock screen, atau pengaturan tampilan yang lainnya melalui Settings Windows 10.

Jika masuk ke Menu Settings – Personalization, maka akan terlihat keterangan dengan tulisan merah “You need to activate Windows before you can personalize your PC“. Jika fitur ini dibatasi, tentu saja Anda hanya menggunakan tampilan standar bawaan Windows 10.

Pembatasan Pengaturan Personalization Themes Wallpaper Windows 10

Selain ada tulisan yang mengganggu seperti itu, fitur dan performa Windows trial pun pasti terbatas, sehingga tidak bisa memaksimalkan kinerja dari sistem operasi Windows di komputer kita. Maka agar dapat memfungsikan maksimal Windows anda, maka lakukan aktivasi dengan lisensi original.

 

3. Tidak Bisa Update Sistem

Fitur update ini sangat penting bagi sistem operasi, karena berkaitan dengan penyempurnaan sistem ataupun aplikasi di dalamnya, serta yang paling penting adalah berkaitan dengan keamanan sistem. Jika Windows anda tidak diaktivasi, maka akan sangat rentan terhadap serangan-serangan seperti virus, malware, dan sejenisnya. Jadi sangatlah penting untuk mengaktivasi sistem operasi Windows anda dengan lisensi original agar bisa update secara berkala terkait keamanan dan penyempurnaan fitur aplikasi di dalamnya.

 

Amankah Aktivasi Windows Dengan Tool Activator atau Crack-Crack-an?

Ketika hendak mengaktivasi Windows 10 dengan product key yang original, mungkin Anda terpikirkan hal ini, “Untuk beli lisensi original itu kan mahal? Kalau diaktivasi pakai crack atau tool activator bagaimana?” Eits, jangan pernah menggunakan tool activator ataupun installer hasil crack, karena itu sangat berbahaya bagi keamanan data di komputer kita. Karena crack-crack-an itu adalah installer asli yang sudah dioprek atau diubah sedemikian rupa, sehingga siapa yang menjamin bahwa installer tersebut tidak disisipin malware (malicious ware) atau software jahat yang bisa mencuri data-data Anda? Dan memang faktanya adalah seperti itu, banyak software crack yang justru rentan datanya dicuri atau bahkan rentan terkena virus. 

Jadi, solusinya bagaimana? Anda bisa membeli lisensi digitalnya saja di kodelisensi.com, karena harganya murah, harganya Rp. 215.000 saja. Kenapa bisa murah, karena yang kodelisensi jual hanya product key digital saja tanpa DVD installer fisik. Dan apakah benar-benar lisensinya asli? Tentu saja, karena aktivasinya dilakukan secara online, sehingga akan langsung terhubung ke server Microsoft untuk validasi. Setelah diaktivasi, Windows Anda dapat dilakukan update sistem secara online juga tanpa ada masalah.

 

Bagaimana cara aktivasi Windows 10?

Untuk mengaktivasi Windows 10, kuti langkah-langkah berikut:

    1. Pastikan bahwa Anda sudah memiliki nomor lisensinya (product key). Untuk mendapatkan product key tersebut dapat membelinya melalui link https://kodelisensi.com/product/windows-10-professional.
    2. Jika sudah memiliki product key, selanjutnya pastikan bahwa Anda telah terhubung ke internet dengan jaringan yang stabil, karena kesuksesan dalam mengaktivasi lisensi Windows 10 ini juga bergantung pada koneksi internet Anda.
    3. Melalui menu Windows, cari menu yang bernama Activation Settings.
      Activation Settings Windows 10
       
    4. Kemudian pada jendela Update & Security, pastikan memilih menu Activation, kemudian klik Change product key.
      Activation Change Product Key
       
    5. Lalu akan muncul jendela Enter a product key seperti gambar di bawah ini.
      Masukkan product key
      Silahkan masukkan product key yang sudah Anda miliki pada form tersebut, kemudian tekan tombol Next.
    6. Kemudian akan muncul jendela seperti di bawah ini, lalu klik Next lagi.
      Activate Windows 10
      Kemudian tunggu sampai aktivasinya selesai.
    7. Dan selamat!! aktivasi Windows 10 telah berhasil, silahkan tekan tombol Close.
      Aktivasi Windows 10 Berhasil

 

Cara Periksa Apakah Windows 10 Telah Teraktivasi Atau Belum

Untuk memastikan apakah Windows 10 Anda telah diaktivasi atau belum, dapat dilakukan pengecekan atau pemeriksaan dengan 2 cara ini:

1. Melalui Command Prompt (CMD)

    • Jalankan command prompt dengan cara: tekan tombol + R, kemudian ketikkan: cmd.
    • Selanjutnya, pada area command prompt tersebut, ketikkan perintah: slmgr -xpr. Maka, jika Windows Anda sudah diaktivasi akan muncul keterangan “Windows(R), Professional edition: The machine is permanently activated” seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
      command prompt slmgr -xpr

 

2. Melalui Menu Settings – Update & Security – Activation

Bukti bahwa aktivasi Windows 10 berhasil ditandai dengan keterangan “Windows is activated with a digital license linked to your Microsoft account” yang terdapat pada menu Settings – Update & Security – Activation (Atau bisa langsung di search pada menu dengan nama: Activation), seperti yang tertera pada gambar berikut.
Windows 10 is activated with a digital license linked to microsoft account

 

Jika status sudah Activated maka Anda bisa menikmati semua fitur Windows 10 tanpa ada batasan, termasuk melakukan update secara online agar sistem, aplikasi, dan keamanan sistem operasi Windows yang Anda gunakan semakin powerfull dan aman. Dan jika Anda sudah memiliki lisensi original Windows 10, Anda bisa melakukan upgrade ke Windows 11 tanpa dikenai biaya lagi

Leave a Comment

Your email address will not be published.